Menuju Daerah Perbatasan (1)

Posted on Updated on

Persiapan untuk berangkat ke Kabupaten Nunukan  telah dimulai. Tiket sudah dibeli, hunting informasi sudah dijalani. Singkat cerita, perjalanan Palembang – Nunukan membutuhkan 4 kali penerbangan dan 3 kali transit (Jakarta, Balikpapan dan Tarakan). Berhubung tiba di Tarakan sudah menjelang gelap maka perjalanan ke Nunukan dilanjutkan esok harinya.

Setelah bermalam di Tarakan, pagi hari pukul 06.00 WITA sudah siap di Lobby hotel menunggu shuttle bus yang akan mengantar ke Bandara Tarakan. Penerbangan menuju Nunukan menggunakan maskapai Susi Air dengan pesawat Cessna 208 B Grand Caravan kode penerbangan SI330 pukul 08.00 WITA. Keraguan pun muncul tatkala pada saat check in berat badan dan barang bawaan ditimbang. Mengingat pesawat yang akan digunakan termasuk pesawat kecil yang baru pertama kali akan saya naiki. Selama ini terbang dengan menggunakan pesawat Boeing dengan berbagai seri, seri terendah Boeing 737-200. Minimal ATR 72-500 dengan kapasitas penumpang 72 orang.

Mendarat di Bandara Nunukan

Pukul 08.00 WITA seluruh penumpang yang berjumlah 8 orang menaiki pesawat. Kita bisa langsung melihat Kokpit di pesawat, Pilot dan Co-pilotnya bule yang relatif masih cukup muda. Sapaan selamat pagi Pilot bule sedikit mengurangi kekhawatiran selama penerbangan. Agak lucu juga mendengarkan logat si bule menyampaikan pengumuman penerbangan dalam bahasa Indonesia sembari membaca teksnya. Pukul 08.10 WITA pesawat lepas landas menuju Nunukan. Ketinggian penerbangan yang tidak terlalu tinggi membuat pemandangan di bawah terlihat jelas. Pemandangan daratan dan perairan di bawah menjadi hiburan tersendiri selama perjalanan sehingga tak terasa pesawatpun hampir mendarat di Nunukan. Kekhawatiran yang muncul sebelum penerbangan akhirnya menjadi mengasyikan. (bersambung…)

Bandara Nunukan


2 thoughts on “Menuju Daerah Perbatasan (1)

    nunus said:
    2 April 2015 at 2:47 PM

    Mohon infonya … berapa lama perjalanan dari tarakan ke nunukan …

    Thanks

      bsm@iwftc responded:
      2 April 2015 at 3:45 PM

      Saya pastinya lupa pak. Jaraknya dekat. Kl tdk salah sekitar 20 menitan dg Kalstar dan 30 menit dg Susi Air.

Silahkan tinggalkan komentar anda. No SARA dan Iklan.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s