Heran, Sukanya Koq Merusak Lingkungan

Posted on Updated on

Sungai dan danau merupakan karunia Allah yang tak ternilai bagi umat manusia. Disana terdapat banyak manfaat bagi kehidupan kita. Selain sebagai sumber air bersih, tempat rekreasi, pembangkit tenaga listrik, perikanan, penyedia protein hewani juga berfungsi besar sebagai prasarana transportasi. Banyak kerajaan besar yang berada di sekitar perairan (sungai) dimana pada masa itu sungai dimanfaatkan sebagai jalur transportasi, perdagangan dan memperluas wilayah kerajaan.

Danau OPI Jakabaring

Danau yang berada di lingkungan komplek perumahan Ogan Permata Indah di Jakabaring menjadi salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi warga kota Palembang yang minim tempat rekreasi. Di lokasi ini terdapat beragam permainan air yang menantang (Banana boat, perahu angsa, Jetski) dan kuliner. Air danau yang jernih kebiru-biruan menggoda untuk duduk berlama-lama menikmati keasrian sekitar danau. Kondisi seperti ini secara tidak langsung membawa manfaat bagi masyarakat untuk mencari nafkah sebagai pedagang dan penyedia jasa olahraga air. Seharusnya keberadaan danau ini kita syukuri dengan cara menjaga dan melestarikannya.

Danau OPI Jakabaring

Keberadaan Toilet/WC umum yang dibuat masyarakat di tepi danau demi menambah penghasilan yang tidak seberapa dikhawatirkan akan mencemari air danau. Paling tidak saat ini sudah ada 2 WC umum liar di sekitar danau. Jangan korbankan keasrian dan keindahan danau dengan recehan yang tidak seberapa jumlahnya. Siapa yang seharusnya peduli dengan kelestarian danau ini???? Segera tertibkan kondisi ini. Pihak terkait keberadaan danau ini kiranya dapat membina masyarakat yang memiliki kepentingan dengan danau ini.

Pemanfaatan air danau untuk mencuci mobil dan motor di tepi danau akan makin menambah cepat kerusakan lingkungan danau. Detergen dan oli yang masuk ke air danau akan membuat mati flora dan fauna yang hidup di air danau yang selanjutnya akan menjadikan air danau OPI berbau dan keruh bak air sungai Ciliwung yang penuh limbah rumah tangga dan industri. Kalau sudah begini siapa yang rugi??? Kita semua tentunya.

Ayo Cuci Kendaraan Gratis di Danau OPI ??????

Silahkan tinggalkan komentar anda. No SARA dan Iklan.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s