Survei Bathimetri

Posted on Updated on

Survei Bathymetri yang merupakan bagian penting dari kegiatan survei hidrografi memberikan informasi mengenai konfigurasi dasar dan penampang melintang sungai, mengetahui tingkat sedimentasi dan degradasi yang seluruhnya merupakan informasi dasar mengenai wilayah studi bagi para perencana.

Topografi dasar sungai dapat diketahui dengan cara sounding dari permukaan air misalnya dengan mengukur kedalaman air pada beberapa titik yang cukup. Jika pelaksanaan sounding merupakan bagian dari survei sungai, diperlukan ketepatan yang tinggi dalam penentuan posisi sounding dan kedalaman sounding harus dikorelasikan dengan level datum yang diketahui. Hal ini memungkinkan pekerjaan sounding dilakukan pada waktu yang berbeda.

Umumnya diambil sebagai tinggi datum adalah bidang yang berimpit dengan permukaan air yang mempunyai probabilitas tertentu. Untuk keselamatan pelayaran misalnya. Tinggi datum diambil permukaan air terendah sungai tersebut, sehingga pada periode kritis untuk pelayaran, navigator bisa mendapatkan informasi yang cukup dari peta sounding mengenai kedalaman yang cukup untuk pelayaran.

Kalibrasi echosounder

Disetiap awal dan akhir hari pengukuran, echosounder harus dikalibrasi dengan bar check.

Pengecekan dilakukan sebagai berikut :

Sebuah plat besi yang dipasang pada ujung tongkat berskala diturunkan ke dalam air sampai kedalaman tertentu di bawah transducer. Kedalaman plat besi yang diukur oleh echosounder harus sesuai dengan kedalaman sebenarnya di bawah permukaan air. Jika tidak sesuai, harus diadakan penyetelan pada pengatur kecepatan suara sehingga sesuai dengan berat jenis dan temperatur air, sampai pembacaan echosounder sesuai dengan kedalaman sebenarnya dari plat besi tersebut.

Perlu diperhatikan bahwa zeroline pada echosounder menunjukkan posisi transducer di bawah permukaan air.

Koreksi

Jika zeroline ditempatkan pada skala nol koreksi total adalah jumlah kedalaman transducer di bawah permukaan air dan koreksi yang didapatkan pada kalibrasi echosounder.

Jika zeroline ditempatkan pada skala yang sama dengan kedalaman transducer di bawah air maka hanya perlu ditambahkan koreksi kalibrasi saja.

Reduksi

Agar data kedalaman dapat dibandingkan satu dengan yang lain apabila sounding dilakukan pada waktu dan hari yang berbeda sehingga dipengaruhi perbedaan pasang surut, maka data kedalaman tersebut harus direduksi terhadap bidang referensi, misalnya MSL atau permukaan air terendah.

Perbedaan antara tinggi muka air pada saat pengukuran dengan bidang referensi disebut reduksi.

Kedalaman sounding ditambah koreksi dikurangi reduksinya disebut kedalaman peta.­

Koreksi dan Reduksi

Pada perairan lepas cukup dipakai dua alat ukur tinggi air pada batas daerah sounding dan datum dapat ditransfer dan satu alat ukur ke yang lain. Reduksi diantara dua alat ukur tersebut didapat dengan interpolasi linier.

Pada daerah sungai pasang surut, perhitungan reduksi akan lebih sulit. Datum tidak selalu di bidang horisontal. Beberapa alat ukur harus ditempatkan sepanjang sungai dan Mean Level tiap alat ukur harus ditetapkan.

Posisi MSL pada alat ukur di muara (laut) harus dipindahkan pada masing-masing, alat ukur berikutnya dengan waterpas, dan bisa didapatkan beda tinggi antara ML dengan MSL pada masing-masing alat ukur. Reduksi dapat diperhitungkan terhadap MSL atau bidang referensi berupa muka air terendah.

Contoh Profil Penamp Sungai

Terlepas dari bidang referensi yang digunakan, masalah sebenarnya terletak pada reduksi untuk beberapa penampang melintang yang berada diantara dua alat ukur, karena terdapat perbedaan pada waktu dan beda tinggi pasang surut yang terjadi diantara dua alat ukur.

Satu cara yang digunakan adalah dengan menggambar perbedaan kurva pasang surut dengan bidang referensi (MSL atau datum) tiap-tiap alat ukur sounding selama periode dimana sounding dilakukan pada hari tertentu.

Reduksi dapat positif atau negatif jika MSL ditetapkan sebagai bidang referensi.

Reduksi Pasut

2 thoughts on “Survei Bathimetri

    Guntur said:
    14 January 2012 at 5:43 AM

    di tunggu updatenya pak..
    terutama yang bahan kuliah,, bisa bermanfaat buat kami pak…

      bangset @ iwftc responded:
      16 January 2012 at 4:04 PM

      OK, namun harap bersabar ya.

Silahkan tinggalkan komentar anda. No SARA dan Iklan.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s