Pengukuran Tinggi Muka Air

Posted on Updated on

Tinggi muka air (stage height, gauge height) sungai adalah elevasi permukaan air (water level) pada suatu penampang melintang sungai terhadap suatu titik tetap yang elevasinya telah diketahui. Tinggi muka air biasanya dinyatakan dalam satuan meter (m) atau centimeter (cm). Fluktuasi permukaan air sungai menunjuk­kan adanya perubahan kecepatan aliran dan debitnya. Penguku­ran tinggi muka air merupakan langkah awal dalam pengumpulan data aliran sungai sebagai data dasar hidrologi.

Data tinggi muka air dapat digunakan secara langsung untuk berbagai keperluan pembangunan, misalnya saja untuk perhitungan pengisian air pada waduk, menentukan perubahan kedalaman aliran dari waktu ke waktu untuk keperluan transpor­tasi air, perencanaan pembangunan fisik di daerah dataran banjir dan untuk keperluan lainnya.

Untuk keperluan analisa hidrologi, data tinggi muka air digunakan sebagai dasar perhitungan debit setelah dibuat hubungan antara tinggi muka air dan debit hasil pengukuran debit yang dilakukan secara berkala, yang mencakup pengukuran debit pada muka air rendah sampai tinggi. Dengan demikian ketelitian dalam perhitungan data debit juga tergantung daripada ketelitian pengukuran tinggi muka air.

Pengukuran tinggi muka air dapat dilaksanakan dengan cara manual menggunakan alat duga air biasa (non recording gauges) dan atau cara otomatis menggunakan alat duga air otomatik (recording gauges) yang dipasang pada suatu pos duga air sungai. Untuk keperluan pendataan aliran sungai yang memerlukan waktu dengan periode panjang, maka pengukuran tinggi muka air dari suatu pos duga air harus menggunakan alat duga air otomatik.

Sketsa Pengukuran Datum Tinggi Muka AirGambar Sketsa Pengukuran Datum Tinggi Muka Air

Prinsip : Sebuah pelampung diikat pada kabel alat perekam, dibagian ujung lainnya diikat pemberat. Pelampung diletakkan pada sebuah sumur dan pelampung akan mengikuti perubahan tinggi muka air. Pergerakan vertikal ini kemudian ditransfer menjadi pergerakan horisontal pena tulis alat tersebut. Pena tulis kemudian merekam pergerakan ini pada kertas perekam berupa kurva pasang surut.

Automatic Water Level Recorder
Gambar Alat ukur Tinggi Muka Air Otomatis

Keuntungan :

  • Dapat diperoleh sebuah Gambar yang akurat, karena skala vertikal dan horizontal dapat diatur.
  • Dapat diperoleh rekaman yang tak terputus sampai maksimum 4 bulan.
  • Dapat merekam tinggi muka air maksimum tertinggi dan terendah kedalam kertas.

Kerugian:

  • Diperlukan bangunan yang cukup mahal untuk alat perekam dan sumur pelampung.
  • Kedalaman sumur pelampung harus cukup dalam sehingga dapat mencakup tinggi muka air yang terendah.

Aplikasi:

Jika dipasang permanen pada daerah pasang surut maupun daerah tanpa pengaruh pasang surut, Alat ukur dapat digunakan untuk mengukur pergerakan vertikal pasang surut untuk keperluan analisa pasang surut dan perhitungan MSL.

PENGUKURAN TINGGI MUKA AIR CARA MANUAL

Pengukuran tinggi muka air cara manual dilaksanakan dengan membaca elevasi permukaan air yang tertera pada alat duga air biasa yaitu alat duga air yang tidak dengan sendirinya dapat bekerja secara otomatis dalam mencatat fluktuasi muka air berdasarkan fungsi waktu. Pengukurannya dilakukan oleh seorang pengamat secara teratur setiap harinya, minimal dilaku­kan tiga kali setiap harinya yaitu jam 07.00 pagi, jam 12.00 siang dan 17.00 sore hari waktu setempat, apabila diperlukan frekuensi pengukurannya dapat ditambah, terutama selama terjadi banjir agar data muka airnya lebih lengkap. Banyaknya pengukuran tinggi muka air setiap harinya tergantung dari banyaknya faktor, antara lain :

  1. besarnya fluktuasi muka air;
  2. tersedianya dana untuk honor pengamat, dan
  3. ketelitian yang diinginkan.

Pengamat secara teratur harus melaporkan datanya kepada instansi hidrologi yang berwenang. Pelaporan harian da­pat dilaksanakan menggunakan telepon atau teletype, apabila datanya sangat segera diperlukan. Pelaporan bulanan atau mingguan, data muka air dapat dikirim melalui kantor pos terde­kat atau diambil setiap tiga bulan sekali oleh petugas.

Skala Tinggi AirGambar Staff Gauge

 Tinggi muka air setiap jam diamati secara manual oleh operator (pencatat) dan dicatat pada suatu formulir pengamatan pasang surut. Pada palem dilukis tanda-tanda skala bacaan. Pencatat akan menuliskan kedudukan tinggi muka air laut relatif terhadap palem pada jam-jam tertentu sesuai dengan skala bacaan yang tertulis pada palem. Muka air laut yang relatif tidak tenang membatasi kemampuan pencatatan dalam menaksir bacaan skala. Walaupun demikian, cara ini cukup efektif untuk memperoleh data pasang surut dengan ketelitian hingga sekitar 2,5 cm. Tinggi palem disesuaikan dengan karakter tunggang air pada wilayah perairan yang diamati pola pasang surutnya, yang biasanya sekitar 4 hingga 6 meter.

Pengukuran tinggi muka air cara manual dengan meng­gunakan alat duga air biasa mempunyai beberapa kelebihan, antara lain :

  1. mudah dalam memasang peralatannya, dan
  2. biaya untuk pemasangan, operasi dan pemeliha­raannya lebih murah dibanding pengukuran tinggi muka air cara otomatik.

Disamping itu, pengukuran tinggi muka air cara manual dengan menggunakan alat duga air biasa juga mempunyai beberapa kelemahan, antara lain kebenaran data tergantung daripada pengamat (kesa­lahan pembacaan, pencatatan atau juga pemalsuan data mempunyai kemungkinan lebih besar).

4 thoughts on “Pengukuran Tinggi Muka Air

    Myusuf L said:
    10 October 2016 at 9:49 PM

    ijin copy

    Roy said:
    14 June 2016 at 8:11 PM

    selamat malam pak , materi sangat bermanfaat
    saya izin mengambil tulisannya pak unuk keperluan tugas kuliah
    terima kasih pak

      bsm@iwftc responded:
      14 June 2016 at 11:48 PM

      Semoga bermanfaat..

    3totokagwi8 said:
    8 May 2016 at 8:47 PM

    (y)

Silahkan tinggalkan komentar anda. No SARA dan Iklan.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s