Kirim Motor

Posted on Updated on

PENGIRIMAN MOTOR KE JAKARTA

Akhirnya menulis lagi setelah vakum lama karena kesibukan kerja dan aktivitas sehari-hari (alasan sok sibuk he he he…….). Pekerjaan pada minggu awal di tempat tugas baru belum menyita waktu sehingga mengisi waktu dengan menulis.

Cerita bermula pada pertengahan Desember 2014 mendapat tugas baru di Jakarta. Menteri baru punya program rotasi pegawai yang sudah menduduki satu jabatan lebih dari 3 tahun. Namun pindahan baru terwujud pada hari Rabu 14 Januari 2015 setelah menyelesaikan tugas yang masih tersisa di Palembang. Dengan berat hati harus memenuhi panggilan negara (lebai.com……) terpaksa meninggalkan anak dan istri tercinta di Palembang.

My Blade

Urusan pindah tugas membuat persiapan ke tempat baru yang cukup merepotkan. Mulai dari packing perlengkapan sehari-hari, nyari tempat kost hingga pengiriman motor yang akan digunakan untuk operasional di tempat baru. Urusan pengiriman motor dimulai dengan mencari referensi di internet lalu menanyakan langsung ke perusahaan jasa ekspedisi yang melayani pengiriman motor. Dari hasil survey yang dikumpulkan berdasarkan pada pertimbangan sebagai berikut:

1. Biaya,
  2. Kecepatan kiriman sampai di tujuan,
  3. Waktu keberangkatan kiriman
  4. Pelayanan pengiriman.

Dari hasil survey diperoleh informasi sebagai berikut:

1. Biaya murah (Rp. 450.000,- tidak termasuk asuransi), lamanya sampai kiriman sekitar 10 hari lebih, waktu keberangkatan ke Jakarta tidak pasti tergantung banyaknya barang lain yang akan dikirim ke Jakarta, kendaraan ambil sendiri di seputaran Tanah Abang.
  2. Biaya relatif murah (Rp. 705.000,- termasuk asuransi), lamanya sampai kiriman sekitar 7 hari, keberangkatan setiap hari, kendaraan ambil sendiri di Jalan Pangeran Jayakarta Jakarta Pusat.
  3. Biaya mahal (Rp. 1.100.000,- termasuk asuransi), lamanya sampai kiriman sekitar 3 hari, menunggu keberangkatan sekitar 2 hari, kendaraan diantar alamat.

Dengan pertimbangan utama biaya dan lamanya tiba kiriman maka diputuskan menggunakan jasa ekspedisi yang kedua dari daftar di atas. Perusahaan yang digunakan adalah jasa ekspedisi salah satu kelompok usaha Kramat Djati Group yang melayani hampir semua kota besar di Indonesia mulai dari Banda Aceh hingga Sorong. Keterangan lebih detil tentang biaya dan lain-lain silahkan mengunjungi alamat websitenya: http://www.legapaket.com (saya bukan orang ekspedisi dan tidak sedang promosi ya…..).

Hari selasa 13 Januari 2014 sekitar pukul 08.30 WIB saya mendatangi kantor agen jasa ekspedisi Lega Paket di Jl. Kolonel Atmo No. 628 C Palembang sekalian lewat mengantar istri kerja dan anak sekolah. Agen ini berlokasi satu tempat dengan loket penjualan tiket Po. Kramat Djati. Dari informasi si Mbak di agen Palembang mendapat informasi tentang biaya dan lamanya pengiriman paling cepat sampai 7 hari. Pengiriman dengan menggunakan mobil box, jadi menurut saya motor akan aman dan nyaman di dalamnya (he he he..). Kalo hari ini sebelum pukul 11.00 WIB dimasukan motor besok bisa diberangkatkan ke tujuan. Lewat pukul 11.00 WIB motor akan diberangkatkan lusanya lagi kata si Mbak. Artinya saya akan terima motor di Jakarta makin lama lagi.

Waduhhh, harus buruan kalo gini karena tiket pesawat untuk berangkat ke Jakarta sudah terjadwal untuk besok. Sementara motor masih berada di rumah dan butuh waktu perjalan PP hingga ke lokasi agen pengiriman sekitar 1 jam. Maka buruan pulang kerumah ambil motor beserta kelengkapan administrasinya dan alhamdulillah sekitar pukul 11.00 WIB sudah sampai lagi di lokasi agen pengiriman.

Tiba di lokasi motor langsung didaftarkan dengan menyerahkan kelengkapan administrasi dan membayar biayanya. Kondisi motor diperiksa oleh petugas agen kalo ada bagian motor yang cacat/lecet/pecah. Berikut kelengkapan administrasi yang dibutuhkan:

1. STNK Asli (akan diserahkan di lokasi tujuan).
  2. Photocopy BPKB.
  3. Photocopy KTP.
  4. Kunci motor diserahkan pada petugas ekspedisi (akan diserahkan di lokasi tujuan).

RINCIAN BIAYA PENGIRIMAN:

1. Biaya pengiriman motor di website = Rp. 658.000,- (belum termasuk ppn dan service tambahan lainnya)
  2. Biaya Asuransi:

Harga motor second saya hargai sekitar Rp. 7.000.000,-

Premi asuransi = 0,55% dari harga pertanggungan diatas

Premi yang saya bayarkan = 0,55% x Rp. 7.000.000,- = Rp 38.500,-

(menurut saya murah dan bermanfaat karena saya akhirnya bisa klaim biaya penggantian head light (lampu utama/besar) dengan biaya Rp. 218.000,-

Total biaya pengiriman motor yang saya bayarkan Rp. 705.000,-

Dengan berat hati meninggalkan Honda Blade ku yang setia mengantar aku kerja dan antar jemput anak dan istri sehari-hari di agen. Setelah motor diserahkan terpaksa pulang ke rumah naik angkutan umum 2 kali sebelum sampai di rumah.

TIPS PENGIRIMAN:

1. Cek kerusakan pada saat terima motor trus klaim segera ke perusahaannya kalo ada asuransinya. Foto kerusakan pada motor yang akan diklaim (Pengalaman klaim akan saya ceritakan di paragraf berikutnya).
  2. Bensin bahan bakar sepeda motor sewaktu dikirim haruslah dalam keadaan kosong. Sisakan isi BBM di tanki motor secukupnya sehingga masih bisa dipakai dari rumah ke agen pengiriman. Kalo masih ada sisa tanki akan dikosongkan oleh petugas ekspedisi untuk keamanan selama pengiriman.
  3. Foto kondisi motor saat di lokasi agen pengiriman pada saat motor akan dikirim (foto yang detil seperti kondisi lampu pecah/tidak, body lecet/tidak, jok robek/tidak dll yang berguna pada saat ada klaim kerusakan. Walaupun agen asal pengiriman sebenarnya sudah memeriksanya).
  4. Kirim motor pada perusahaan ekspedisi yang ada asuransinya. Kalo motor kita rusak atau hilang masih ada penggantian sebesar pertanggungan yang kita sampaikan. (Biaya asuransi saya kemarin katanya hanya 0,55% dari nilai pertanggungan motor).
  5. Helm sekalian dikirimkan bersama motor biar gak repot beli helm baru atau bawa-bawa helm saat ambil motor (Agen ini tidak mengenakan biaya tambahan dan dikemas dalam kotak yang baik saat diterima).
  6. Bawa Bensin secukupnya saat ambil kiriman motor trus cari SPBU terdekat untuk isi BBM full tank (pengalaman kemarin saya lupa bawa dan dibantuin beli bensin oleh pegawai ekspedisi. Kasih aja tips secukupnya, kan kita sudah dibantuin sekalian beramal. Kalo mau beli sendiri juga bisa palingan jalan sekitar 200 m PP ke tempat penjual bensin eceran).
  7. Pilih perusahaan jasa ekspedisi yang terpercaya atau punya jaringan luas (ada websitenya, bisa tracking posisi barang yang dikirim, testimoni pengguna jasa sebelumnya dll).

Hari Kamis sekitar pukul 13.00 WIB saya ditelpon oleh agen ekspedisi di Jakarta bahwa motor sudah sampai dan bisa diambil. Saya sampaikan bahwa saya akan ambil hari itu juga seusai jam kantor. Artinya saya akan tiba di lokasi pengambilan sekitar 1 jam kemudian. Petugas ekspedisi menyanggupi akan menunggu saya datang untuk mengambil motor. Tiba di lokasi yang berada di Komplek pertokoan 20 dengan patokan Bank Danamon dan disamping Bank tersebut ada jalan/gang masuk. Melalui jalan/gang masuk jalan saja sekitar 50 m ada ruko sebelah kanan dengan papan namanya.

Si Blade tiba di Jakarta
Si Blade tiba di Agen Jakarta

Tiba di lokasi langsung menemui petugas dan membuka kardus pelindung motor sembari memeriksa kondisinya. Ternyata head light (lampu utama/besar) motor Honda Blade saya pecah satu lampu yang sebelah kiri. Head light (lampu utama/besar) motor Honda Blade saya pecah mungkin terbentur body box terus saya lapor ke petugas ekspedisi dan didokumentasikan oleh petugas tersebut.

Diberikan pilihan mau ganti sendiri lalu klaim biayanya atau motor ditinggal terus mereka yang mengganti kita tinggal ambil motornya lagi. Saya pilih yang pertama untuk menjaga keaslian spare part motor saya. Soalnya motor itu selalu di service di bengkel resmi dan pake spare part asli. Hari sabtu 17 Januari 2014 selesai ganti lampu utama (lampu bekas jangan lupa dibawa dan diserahkan ke agen ekspedisi untuk bukti) langsung ke agen dan dibayar sesuai kutansi pembayaran kita ke bengkel. Proses cepat, tanda tangan berita acara, gak ribet, dibayar dan selesai sudah proses klaim.

Dengan pelayanan yang saya alami ada kemungkinan kalo pindah tugas lagi ke Palembang saya akan menggunakan jasa ini untuk pengiriman motor balik ke Palembang. Ada juga keinginan untuk dikendarai sendiri seperti masa kuliah dulu tahun 1994 touring rute Lahat – Palembang – Jambi – Lubuk Linggau – Lahat bersama 3 orang teman dengan menggunakan 2 motor selama 4 hari sejauh 1.038 km. Insya Allah kalo kondisi tubuh dan si Blade sehat akan mencoba solo riding Jakarta – Palembang. Mudah-mudahan bisa terwujud dan bisa cerita lagi di blog. Amin……

My Blade@Monas

PENILAIAN PELAYANAN:

1. Memuaskan.
  2. Tiba lebih cepat dari perkiraan si Mbak (hanya 3 hari sejak motor diserahkan).
  3. Klaim dilayani dengan cepat, baik dan ramah.
  4. Akses menuju lokasi pengambilan di Jakarta mudah dan murah (saya menggunakan KRL karena kerja di seputaran Salemba naik KRL ke Stasiun Jatinegara. Cari KRL ke arah Stasiun Kota turun di Stasiun Jayakarta lalu jalan kaki sekitar 200 m dari pintu keluar stasiun ambil arah kanan ke arah Mangga Dua cari jalan samping Bank Danamon trus masuk komplek pertokoan lokasi agen).
  5. Memudahkan waktu ambil motor bisa selesai jam kerja (saya kemarin ditunggu sampai sekitar jam 18.00 WIB).

Semoga tulisan ini berguna untuk referensi teman-teman yang akan mengirimkan motor dan bingung pilih perusahaan jasa ekspedisinya.

INFORMASI:
Agen Palembang:
Jl. Kolonel Atmo No. 628 C Palembang Sumatera Selatan Telp. 0711-376 656

Agen Jakarta
Jl. Pangeran Jayakarta, Komplek 20 No. A-9 Jakarta Pusat
Telp. 021-332 438 78

Website: http://www.legapaket.com

Silahkan tinggalkan komentar anda. No SARA dan Iklan.