YELLOW BOX JUNCTION (KOTAK KUNING PERSIMPANGAN)

Posted on Updated on

Dalam beberapa hari terakhir terlihat hal baru di beberapa persimpangan yang ada di kota Palembang, salah satunya di persimpangan RS. Charitas Palembang. Pada persimpangan ini terdapat garis kotak kuning tebal yang membatasi 4 kaki persimpangan. Kotak kuning ini disebut Kotak Kuning Persimpangan atau Yellow Box Junction.

Marka ini sebenarnya bukan hal yang baru. Karena baru dicat dengan warna kuning yang kontras dengan warna hitam aspal membuat pengemudi yang berhenti di persimpangan saat lampu merah merasa ada sesuatu yang berbeda dari biasanya. Sebagian mungkin bertanya-tanya ini kotak kuning buat apa dan apa manfaatnya.

Aturan mengenai marka kotak kuning terdapat dalam Undang-Undang No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dan Peraturan Menteri Perhubungan No. 34 Tahun 2014 Tentang Marka Jalan.

Mari kita pahami beberapa istilah berikut ini:

  1. Marka Jalan adalah suatu tanda yang berada di permukaan jalan atau di atas permukaan jalan yang meliputi peralatan atau tanda yang membentuk garis membujur, garis melintang, garis serong, serta lambang yang berfungsi untuk mengarahkan arus lalu lintas dan membatasi daerah kepentingan lalu lintas.
  2. Marka Kotak Kuning adalah Marka Jalan berbentuk segi empat berwarna kuning yang berfungsi melarang kendaraan berhenti di suatu area.

Marka jalan berfungsi untuk mengatur lalu lintas, memperingatkan, atau menuntun pengguna jalan dalam berlalu lintas. Marka jalan dapat berwarna:

a. Putih

Marka jalan berwarna putih menyatakan bahwa pengguna jalan wajib mengikuti perintah atau larangan sesuai dengan bentuknya.

b. Kuning

Marka jalan berwarna kuning menyatakan bahwa pengguna jalan dilarang berhenti pada area tersebut.

c. Merah

Marka jalan berwarna merah menyatakan keperluan atau tanda khusus.

d. Warna lainnya

Marka Jalan warna lainnya yaitu marka jalan berwarna hijau dan coklat, yang menyatakan daerah kepentingan khusus yang harus dilengkapi dengan rambu dan/atau petunjuk yang dinyatakan dengan tegas.

Marka Kotak Kuning ditempatkan pada:

  1. Persimpangan. Marka Kotak Kuning yang ditempatkan pada persimpangan digunakan untuk menyatakan kendaraan dilarang berhenti di dalam area kotak kuning dalam kondisi apapun.
  2. Lokasi akses jalan keluar masuk kendaraan menuju instalasi gawat darurat, pemadam kebakaran, penanggulangan huru hara, search and rescue, dan ambulance. Marka Kotak Kuning yang ditempatkan pada lokasi akses tertentu digunakan untuk menyatakan area bebas antrian kendaraan pada lokasi akses jalan keluar masuk kendaraan menuju instalasi gawat darurat, pemadam kebakaran, penanggulangan huru-hara, search and rescue, dan ambulance.

 

Kotak Kuning Persimpangan (Yellow Box Junction) pada persimpangan
Kotak Kuning Persimpangan (Yellow Box Junction) pada persimpangan
Kotak Kuning Persimpangan (Yellow Box Junction) pada lokasi akses tertentu
Kotak Kuning Persimpangan (Yellow Box Junction) pada lokasi akses tertentu

Dalam Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 103 disebutkan bahwa:

“Dalam hal terjadi kondisi kemacetan lalu lintas yang tidak memungkinkan gerak kendaraan, fungsi marka kotak kuning harus diutamakan daripada alat pemberi isyarat lalu lintas yang bersifat perintah atau larangan”.

Apa fungsi Marka Kotak Kuning ?

Marka Kotak Kuning merupakan marka jalan berbentuk segi empat dengan 2 (dua) garis diagonal berpotongan dan berwarna kuning yang berfungsi untuk melarang kendaraan berhenti di suatu area.

Dengan adanya kotak kuning ini arus terkunci dapat dihindari karena pengemudi yang berhenti di dalam kotak dianggap melanggar dan dikenakan sanksi. Aturan ini membuat pengemudi lebih hati-hati dan tidak memaksakan diri untuk masuk ke areal persimpangan yang dipasang kotak kuning. Apabila arus di depannya tertahan maka pengemudi lainnya harus berhenti sebelum garis kotak kuning. Apabila memaksa masuk kotak kuning yang masih terdapat kendaraan lain di dalamnya, maka akan diberikan sanksi karena dianggap melanggar marka jalan.

Berikut ini video contoh berlalu lintas di Kotak Kuning Persimpangan

Di sini dibutuhkan kesadaran dan kesabaran kita selaku pengemudi untuk tidak memaksa masuk marka kotak kuning apabila jalur keluar kita dari kotak kuning tertahan walaupun lampu berwarna hijau agar tidak terkena sanksi dan yang terpenting lagi lalu lintas tetap berjalan. Hak berjalan saat lampu hijau akan kita dapatkan pada siklus berikutnya saat kotak kuning sudah kosong/lancar. Jika semua pengemudi memaksa masuk persimpangan karena merasa haknya (berdasarkan lampu hijau) maka yang terjadi arus lalu lintas dapat terkunci dan perjalanan kita menjadi terhambat.

Marka Kotak Kuning Persimpangan akan berfungsi dan memberikan manfaat apabila:

  1. Selaku pengguna jalan, kita memahami makna marka dan sanksinya jika melanggar marka.
  2. Selaku penegak aturan lalu lintas, mengetahui aturan marka ini dan tegas dalam penerapan aturan dan pemberian sanksi terhadap pelanggarannya.

Masih banyak pengemudi yang belum memahami tentang marka kotak kuning persimpangan ini. Agar marka ini berfungsi maka diperlukan sosialisasi oleh Instansi Kepolisian RI dan Kementerian Perhubungan/Dinas Perhubungan. Saat ini menurut saya saat yang pas untuk menyampaikan sosialisasi tentang marka kotak kuning karena beberapa pengemudi baru “nyadar” ada marka ini dan menimbulkan pertanyaan ini marka buat apa ya???….

Peraturan yang bagus apabila tidak ditegakkan maka menjadi tidak berguna. Kondisi lalu lintas yang semrawut seperti ini penyebabnya diantaranya adalah penegakkan aturan yang belum maksimal, selain itu sebagian pengguna jalan juga enggan untuk taat aturan. Ayo pak Polisi, tegakkan aturan dengan tegas setegas-tegasnya. Jangan bosan, dongkol, cuek terhadap pengguna jalan yang melanggar aturan.

Semoga informasi sederhana ini memberikan pencerahan bagi kita dan jadilah PENGEMUDI YANG CERDAS.

Silahkan tinggalkan komentar anda. No SARA dan Iklan.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s